Friday, May 11, 2018

C. Tutorial Pembuatan Persegi Pelangi Dengan 7 warna pada Dev C++ OpenGL

kali ini saya akan memberikan tutorial pembuatan persegi dengan 7 warna pada Dev C++.

1. Berikut merupakan coding yang akan digunakan dalam pembuatan persegi dengan 7 warna pada Dev C++ :



  1. #include <GL/glut.h>
  2.  
  3. void persegi();
  4. int main(int argc, char** argv)
  5. {    
  6. glutInit(&argc,argv);    
  7. glutInitDisplayMode(GLUT_SINGLE | GLUT_RGB);
  8. glutInitWindowSize(640,640);        
  9. glutCreateWindow("Membuat Persegi Pelangi");      
  10. glutDisplayFunc(persegi);    
  11. glutMainLoop();
  12. }
  13. void persegi()
  14. {        
  15.  
  16. glBegin(GL_POLYGON);    
  17. glColor3f(1.0, 0.0 ,0.0);    
  18. glVertex2f(-0.8,0.7);
  19. glVertex2f(-0.8,0.8);  
  20. glVertex2f(0.8,0.8);
  21. glVertex2f(0.8,0.7);    
  22. glEnd();
  23.  
  24. glBegin(GL_POLYGON);    
  25. glColor3f(1.0, 0.5, 0.0);    
  26. glVertex2f(-0.8,0.6);
  27. glVertex2f(-0.8,0.7);
  28. glVertex2f(0.8,0.7);
  29. glVertex2f(0.8,0.6);
  30. glEnd();
  31.  
  32. glBegin(GL_POLYGON);    
  33. glColor3f(1.0, 1.0, 0.0);    
  34. glVertex2f(-0.8,0.5);
  35. glVertex2f(-0.8,0.6);
  36. glVertex2f(0.8,0.6);
  37. glVertex2f(0.8,0.5);    
  38. glEnd();  
  39.  
  40. glBegin(GL_POLYGON);    
  41. glColor3f(0.0, 1.0, 0.0);    
  42. glVertex2f(-0.8,0.4);
  43. glVertex2f(-0.8,0.5);
  44. glVertex2f(0.8,0.5);
  45. glVertex2f(0.8,0.4);    
  46. glEnd();
  47.  
  48. glBegin(GL_POLYGON);    
  49. glColor3f(0.0, 1.0, 1.0);    
  50. glVertex2f(-0.8,0.3);
  51. glVertex2f(-0.8,0.4);
  52. glVertex2f(0.8,0.4);
  53. glVertex2f(0.8,0.3);    
  54. glEnd();  
  55.  
  56. glBegin(GL_POLYGON);    
  57. glColor3f(0.0, 0.0, 1.0);    
  58. glVertex2f(-0.8,0.2);
  59. glVertex2f(-0.8,0.3);
  60. glVertex2f(0.8,0.3);
  61. glVertex2f(0.8,0.2);    
  62. glEnd();
  63.  
  64. glBegin(GL_POLYGON);    
  65. glColor3f(0.53, 0.12, 0.47);    
  66. glVertex2f(-0.8,0.1);
  67. glVertex2f(-0.8,0.2);
  68. glVertex2f(0.8,0.2);
  69. glVertex2f(0.8,0.1);    
  70. glEnd();                                  
  71.                                
  72. glFlush();
  73. }



2. Apabila coding sudah diketikkan maka jalankan dengan cara Execute > Compile & Run




No comments:

Post a Comment