Friday, May 11, 2018

A. Membuat Titik L Pada Dev C++ OpenGL

saya akan memberikan tutorial membuat objek titik L pada Dev C++ OpenGL. berikut adalah langkah-langkah yang harus diikuti  :

1. Klik File > New > Project > OK


2. Setelah New Project akan tampil jenis lembar kerja yang akan digunakan, klik Console Application > OK


3. Setelah itu Save Project, klik Save


4. Klik kanan pada Bar Project, lalu pilih Project Options


5. Pada Project Options, klik Parameters > Linker
  Pada Box Linker ketik -lopengl32, -lfreeglut, -lglu32, lalu klik lah OK


6. Pada lembar kerja akan muncul Script seperti ini,


 7. Kosongkan Script dan ketikan script seperti dibawah ini :
  1. #include <GL/glut.h>           
  2. #include <GL/gl.h>
  3. #include <windows.h>
  4.  
  5. void userdraw () {
  6. glBegin (GL_POINTS); 
  7. glVertex2i (150,0); 
  8. glVertex2i (150,200); 
  9. glVertex2i (370,200);
  10.  
  11. glEnd ();
  12. }
  13.  
  14. void display (void) {
  15. glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
  16. userdraw ();
  17. glutSwapBuffers ();
  18. }
  19. int main (int argc, char **argv) {
  20. glutInit (&argc,argv);
  21. glutInitDisplayMode (GLUT_DOUBLE|GLUT_RGB);
  22. glutInitWindowSize (640,480);
  23. glutCreateWindow ("Membuat Objek Titik");
  24. glClearColor (0.0, 0.0, 0.0, 0.0);
  25. gluOrtho2D (0.,640.,-240.,240.);
  26. glutIdleFunc (display); 
  27. glutDisplayFunc (display);
  28. glutMainLoop (); 
  29. return 0;
  30. }


8. Setelah di ketikkan scriptnya maka akan menjadi seperti ini.


9. Compile dan Run (Execute, Compile & Run) dan output akan terlihat seperti ini : 

sekian tutorial  membuat Objek Titik pada Dev C OpenGl , Semoga Bermanfaat ^^

No comments:

Post a Comment